Aransemen Lagu Orisinil Dari Film Tiga Dara – VA | Penghormatan Tinggi Untuk Soundtrack

sudutdengar_tigaara_va

Film Tiga Dara, film klasik Indonesia arahan Usmar Ismail, mendapatkan perlakuan istimewa. Film yang dirilis pada tahun 1956 ini menikmati perawatan khusus, direstorasi, sehingga gambarnya mendapatkan hasil yang lebih jernih untuk kemudian ditayangkan di layar lebar kembali.

Kalau filmnya direstorasi, lalu bagaimana dengan soundtracknya yang juga mempunya status legendaris? Untuk menarik minta dari generasi kekinian, lagu-lagu dari film ini diinterpretasikan juga secara kekinian, diaransemen ulang dan dinyanyikan kembali oleh artis-artis yang bukan dari arus utama. Terasa cocok bukan untuk generasi yang berusaha untuk keluar dari jalur kebanyakan?

Aransemen yang dihasilkan tidak sepenuhnya berbeda 180 derajat dari lagu aslinya. Irama melayu tetap dipertahankan tidak tiba-tiba diganti menjadi beat urban. Rasa 1950an masih tetap ada dengan selarasnya orkestrasi yang dimainkan. Rasa kekinian muncul dari kegenitan yang ditambahkan, terutama dari lagu-lagu yang dinyanyikan oleh tadinya para pemeran wanita.

Nesia Hardy dengan penuh peracaya diri melantunkan Letnan Hardy. Malu-malunya masih ada, namun rasa senangnya mendapatkan porsi yang berlebih. Di nomor Pilih Menantu yang dinyanyikan Danilla dan Indra Aziz, rasanya lagu ini dimainkan di kota tua Jakarta, para pemain pria dan wanita saling berbalas di bawah suasanan festival.

Sedangkan nomor utamanya Tiga Dara yang dinyanyikan ulang oleh Bonita, Aimee Saras dan Aprilia Apsari adalah yang paling epik. Menjelaskan semangat dari pembuatan ulang soundtrack ini. Sama sekali tidak berusaha untuk mengkhianatinya, memberikan pernghormatan yang tinggi dan sekaligus menunjukkan kemampuan apik untuk menyusupkan unsur kekinian bagi generasi yang memuja retro.

Banyak film Indonesia yang beradar tahun ini. Banyak juga soundtrack yang dirilis. Namun mereka harus memberi jalan bagi Tiga Dara, yang lagu-lagunya tidak lekang dengan waktu. Walau album ini bukan soundtrack melainkan soundtrack yang direkam ulang, album ini layak juga untuk dilestarikan sebagai salah satu pencapaian puncak sebuah generasi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail