Dapatkan CD Bukan Di Toko CD

cd-edit

Teknologi yang semakin canggih dan variasi software yang tersedia membuat rekaman musik menjadi lebih mudah. Menyewa studio tidak lagi diharuskan. Dengan keahlian tertentu, rekaman di rumah bisa mengeluarkan output mirip-mirip rekaman di studio.

Sejarah mencatat, ini adalah waktunya banjir produk rekaman musik. Tapi setelah satu album selesai diproduksi, apa selanjutnya? Bagaimana agar album sampai di tangan penggemar.

Terdapat dua pilihan, distribusi digital dan distribusi fisik. Distribusi digital tidak harus melalui iTunes. Situs yang lain seperti Bandcamp juga dapat memberikan layanan yang sama, dengan lebih sedikit usaha.

Justru distribusi fisik menjadi tantangan sekarang ini. Jumlah toko yang menjual produk rekaman menurun drastis. Hanya sedikit yang dapat bertahan, di antaranya Duta Suara, Musik + dan grup Tarra. Untuk artis yang berada di bawah label, produk fisik mereka dapat dengan mulus masuk ke jaringan distribusi fisik. Karena jumlah tokonya yang sedikit maka perlu jaringan yang lebih luas lagi untuk menjual lebih banyak. Atau untuk artis tanpa label yang tidakpunya jaringan ke toko musik fisik, mereka berargumen berinovasi menggunakan jalur distribusi yang lain.

Satu-satunya bukti keberhasilan penjualan produk fisik melalui jalur non toko musik adalah penjualan lewat KFC. Untuk pembelian paket tertentu, tambahkan sedikit rupiah maka sekalian bawa pulang CD yang memutar artis kesayangan. Selain itu belum ada.

Ada yang mencoba melalui Indo Maret dan 7 Eleven dengan logika jaringannya sangat luas. Tapi displaynya tidakmenarik dan kasirnya tidak bersemangat untuk menjual CD.

Pernah ada yang mencoba menjualnya lewat jaringan pom bensin Pertamina. Mungkin sambil menunggu tangki diisi penuh, petugas pom bensin bisa merayu untuk membeli CD. Tidak berhasil. Antrian panjang membuat petugas pom bensin terlalu sibuk untuk melakukan pekerjaan tambahan.

Untuk mengatasi kebingungan, para artis mengatasnamakan inovasi untuk menjual lebih banyak karyanya. Penggemar kebingungan di mana tepatnya mereka bisa mendapatkan produk musik fisik. Agaknya kehadiran label dan toko musik dirindukan oleh penggemar.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail