Java Soul Nation 2013 Yang Tidak Berimbang Setiap Harinya

Untuk menghadirkan suasana festival yang selengkapnya dan sebenarnya, Java Festival Productions belum ada tandingannya. Kalau yang lain hanya sekedar mendirikan panggung, memberikan lahan bagi sponsor dan mengumpulkan penjaja makanan untuk menyumpal mulut di kala bosan, JFP bisa untuk memberikan pengalaman dari pintu masuk sampai keluar dari arena. Suasana lebih terang, kesempatan bagi sponsor untuk beradu suara dengan suara dari panggung, booth panganan yang diatur rapi dan lounge yang bebas digunakan untuk meluruskan kaki, membuat nyaman sekaligus memberikan lebih banyak warna.

Di Java Soul Nation, departemen sound layak untuk mendapatkan pujian. Tidak terjadi gangguan besar yang membuat kuping sakit sehingga menjadi malas untuk melihat aksi di atas panggung. Segalanya, atau paling tidak panggung yang saya cermati, memberikan senyum di bibir. Berbeda dengan yang terjadi di Java Rockin Land, di banyak panggung sound yang keluar tidak mampu mengakomodasi kemauan sang artis. Entah kealpaan ini muncul dari sisi penyedia sound atau dari sisi artis.

Highlight event tahunan ini terdapat di hari pertama. Dipenuhi dengan artis-artis yang asik, membuat malam sabtu menjadi lebih bergairah. Tantangan utama dari sebuah festival untuk membuat artis naik panggung secara tepat waktu dapat teratasi.

DSCN1488

Debut Karmin di panggung di Indonesia meledak dengan sukses. Tanpa monitor di atas panggung, membuat pertunjukan duo ini lebih bersih untuk ditonton. Amy Heidemann dengan busana berwarna shocking orange tidak luput mengisi ruang kosong di panggung. Dia menggerakkan, meliukkan badan dan terus berpose tanpa kehilangan satu nada pun untuk bernyanyi dan kehilangan nafas untuk melafalkan rap panjang.

Nick Noonan tampil atraktif di belakang keyboards dan sesekali keluar dari stasiunnya untuk memprovokasi penonton agar lebih menggila. Dari awal duo ini langsung menggebrak dengan hitnya Acapella, membuat gelombang besar lantai dansa. Beberapa lagu baru dari album barunya Pulse juga dapat diikuti dengan mudah sehingga tidak terjadi kekosongan waktu bagi penonton untuk terus histeria.

Tidak lupa, Karmin mengangkat lagu cover yang membuat mereka mendapatkan banyak hit di YouTube. Selama satu jam penuh duo ini berhasil memberikan contoh bagaimana energi aksi panggung dapat ditularkan ke penonton. Brokenhearted adalah penutup yang sempurna menempatkan pertunjukan Karmin sebagai salah satu pertunjukan terbaik di tahun 2013.

Saya melewatkan aksi Far East Movement karena sudah terlalu larut. Bersiap untuk hari kedua.

Sayangnya hari kedua merupakan titik terendah dari event ini. Tidak ada highlight yang sanggup untuk membuat saya bertahan lama malam itu. Apalagi tantangan yang sanggup dipecahkan di hari pertama, gagal dipecahkan di hari kedua. Semua pertunjukan molor, sampai saya terlalu lelah untuk menunggu.

Hari ketiga, masih juga terjadi artis molor naik panggung. Jadwal yang tercetak di buku panduan tidak lagi bisa dijadikan pegangan. Sepertinya kalau satu panggung gagal tepat waktu, penyakit ini langsung menular ke seluruh panggung.

DSCN1538

All 4 One yang tampil tanpa band mungkin bisa memuaskan mereka yang rindu dengan hit sendu. Saya melenggang keluar dari panggung utama tanpa perlu menunggu I Swear dinyanyikan. Ini seperti menyaksikan karaoke dengan sound yang masif. Cara ini tidak bisa memuaskan saya.

DSCN1531

Malam ketiga diselamatkan oleh Tangga dan Project Pop yang sanggup mengumpulkan antusiasme penonton. Mereka bernyanyi bersama dan bahkan melambaikan tangan ke udara di saat Project Pop menyemarakkan pesta dengan, ehm, medley cover lagu-lagu berbahasa asing.

Selanjutnya seperti yang saya duga, hanya lagu-lagu hit yang ditunggu dari penampilan Macy Gray. Adapun lagu hitnya tidak sebanyak jari di satu tangan, celotehannya yang memanggil penontonnya dengan sexy people, hanya bisa memberikan kuluman senyum kecil.

DSCN1552

Memang kendala besar penyelenggara festival di Indonesia adalah mendatangkan line-up yang bergizi secara total. Indonesia masih kebagian artis yang sedang lewat di kawasan Asia Tenggara dan Australia. Mendatangkan mereka secara langsung terlalu mahal biaya. Akibatnya, penyelenggara tidakpunya kelonggaran untuk membuat semua harinya menyajikan tontonan yang istimewa. Dengan segala kelemahannya festival ini tetap berjalan, dan saya menghormatinya. Dan saya memasukkan Java Soul Nation di dalam daftar harus hadir, apalagi kalau tidak ada special show terus dilanjutkkan tahun depan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail