Keluar Rumah Untuk Beli Tiket Konser Adalah Kuno

kiostix_image

Sekali lagi terima kasih kepada Internet. Lagu dan album bisa didengarkan pada hari yang sama di seluruh dunia lewat layanan streaming musik, dan konser yang terlalu sering diadakan di Jakarta tanpa perlu repot tiketnya bisa dipesan oleh penggemar yang tinggal di luar Jakarta serta kalau Indonesia lagi-lagi tidak masuk dalam jadwal tur sementara artisnya hinggap di beberapa negara tetangga para penggemarnya juga bisa dengan mudah memesan tiketnya secara langsung tanpa perlu bantuan perantara.

Saya yang pernah hidup di zaman sebelum Internet pernah merasakan membeli tiket dengan cara tradisional. Promotor akan menunjuk beberapa agen penjual tiket, selanjutnya kita perlu mendatangi langsung kios-kios tiketnya untuk dibayar dengan tunai. Cara pembayaran lainnya tidak diterima. Medekati hari H – ehm satu hari sebelum pertunjukan – tiket fisik perlu untuk diambil ke kios tersebut. Itu adalah cara tradisional yang tenang dan tentram. Untuk artis dengan peminat super tinggi, maka yang terjadi adalah antrian panjang berharap saya cukup cepat datang sehingga tidak kehabisan tiket. Senangnya cara kuno ini sudah tidak perlu dialami lagi.

Era Internet mendatangkan keuntungan bagi yang gemar menonton pertunjukan langsung. Kemudahan adalah fitur yang paling dibanggakan. Tidak perlu bergerak, cukup duduk tenang di ruang keluarga yang dikelilingi Wi-Fi. Siapkan jempol di layar telepon pintar, atau lebih nyaman lagi menggunakan tetikus dan 10 jari di atas papan ketik komputer. Masuk ke loket daring, buat pesanan dan bayar.

Pembayaran pun dipermudah. Yang pasti tidak perlu lagi menyerahkan uang tunai di kasir. Transaksi bisa dilakukan menggunakan kartu kredit dan mode transfer. Untuk transfer pun sekarang ada mobile banking yang lagi-lagi tidak perlu membuat kita untuk mengangkat pantat menyambangi ATM. Pembayaran menggunakan kartu kredit juga memudahkan calon penonton untuk mengatur keuangannya karena pilihan konser semakin banyak, asalkan jangan lupa untuk nanti membayar tagihannya.

Sama halnya dengan pembelian tiket untuk konser di luar negeri. Tidak perlu lagi untuk merepotkan teman di luar sana atau memesannya lewat biro perjalanan. Dunia sudah terhubung dengan Internet. Memesan tiket di Internet sama mudahnya dengan memesan tiket pertunjukan lokal.

Untuk penukaran tiket pun tidak perlu kuatir, digital sudah bisa sangat membantu. Hampir sudah pasti setiap orang memegang satu perangkat komunikasi bergerak. Tiket non fisik sudah semakin sering ditemui. Tidak harus dicetak, unduh tiketnya di perangkat bergerak, di pintu masuk tunjukkan tiket di layar, kemudian petugas akan melakukan scan barcode.

Tidak ada lagi keluar rumah atau titip menitip, semua orang sekarang bisa pesan tiket.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail