Meshuggah – The Ophidian Trek | Seperempat Abad Menebar Extreme Metal

Meshuggah_Ophidian_Trek

Terpujilah dewa metal karena Meshuggah terbentuk dan melahirkan sebuah tingkatan musik metal yang amat berat. Berat, secara literal. Mengapa? Ya lihat dan dengarkan saja jika belum pernah. Seberapa berat? Jika diandaikan sebuah perhitungan, Meshuggah semestinya sudah menjadi satuan. Jika ditanya “seberapa berat musikmu?”, kita bisa menjawab “wah baru 0,1 Meshuggah”. Itulah eksitensi yang menurut saya paling pantas bagi Meshuggah, jika ingin berlebihan.

Band extreme metal dari Swedia ini baru saja merilis “The Ophidian Trek”, sebuah set 1DVD+2CD Live untuk memperingati 25 tahun karir mereka sejak EP pertama. Mereka pun merilis beberapa video klip live yang bisa dicicip duluan di Youtube, seperti “Dancers To A Discordant System” dan “Do Not Look Down”. Diambil, diramu, dan diracik dari penampilan Meshuggah selama tur terakhir, kita akan dimanjakan dengan berbagai sudut pengambilan gambar. Sound-nya pun bersih, dan rasanya malah teramat bersih untuk sebuah nuansa live. Dari segi penampilan, wajib dicontek oleh semua musisi metal.

Meshuggah sempat merilis album live sebelumnya, yaitu Alive DVD/CD pada tahun 2010. Namun sesungguhnya, DVD Live @ Download Festival yang ada di album “Nothing” Remastered Edition pada tahun 2006 adalah yang paling sedap dinikmati karena di-shot di siang hari, tanpa efek berlebihan. Kita dapat menyimak penampilan mereka dengan jelas dan mentah. Meski demikian, “The Ophidian Trek” tetap menjadi sebuah mahakarya dari sebuah band paling influensial di ranah extreme metal.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail