Tren Streaming Musik Di Genggaman Tangan

sudutdengar_techtainment_streamingbiz

Walau sampai saat ini belum ada yang melaporkan berapa banyak angka dari jumlah pegguna layanan streaming konten hiburan, termasuk musik, namun dirasakan streaming telah menjadi tren di Indonesia. Sebagai salah satu buktinya, di media sosial semakin banyak teman-teman yang memamerkan bahwa mereka sekarang ini sedang mendengarkan album kesukaan mereka melalui salah satu penyedia layanan streaming musik.

Kendala besar di negeri ini, yaitu keterbatasan quota Internet karena sebagian besar pengguna Internet menggunakan layanan operator telekomunikasi sebagai penyedia layanan Internet, ditanggapi dengan operator yang memberikan paket khusus untuk penikmat streaming. Paling tidak tiga operator utama sudah memfasilitasinya. Indosat Ooredoo menggandeng Spotify. Telkomsel luncurkan produk Paket MusicMax ang memberikan kebebasan bagi pelanggannya untuk menikmati Langit Musik, Joox, Guvera, Smule hingga radio Prambors FM dan Gen FM. Sedangkan XL Axiata berkolaborasi dengan Yonder.

Masuknya para operator besar ke dalam ladang ini memperlihatkan bahwa ladang ini cukup subur. Mereka tidak mungkin masuk ke dalam persaingan pasar yang mereka anggap tidak akan memberikan keuntungan. Seharusnya mereka telah melakukan riset sebelumnya untuk menghitung seberapa besar pasar yang diperebutkan serta seberapa besar keuntungan yang didapat.

Di peluncuran Spotify, Alaxander Rusli CEO Indosat Ooredo sempat menyebutkan bahwa negosiasi dengan Spotify telah dilakukan bertahun-tahun sebelumnya. Spotify juga telah berhitung-hitung bahwa jika ingin berjaya di Indonesia, maka harus dapat dinikmati dengan mudah melalui koneksi Internet dari operator mobile. Setelah mendapatkan kesepakatan dengan Indosat Ooredoo, barulah Spotify menginjakkan kakinya ke Indonesia.

Masuknya layanan streaming ini juga dipengaruhi oleh kesiapan operator untuk menggelar layanan dengan badwidth lebih lebar. Dengan layanan 4G yang telah dipersiapkan oleh operator serta semakin banyak dan semakin murah handset yang siap mendukung 4G, maka layanan streaming boleh dibilang siap untuk masuk ke pasar Indonesia.

Ini baru awalnya saja. Menarik untuk melihat bagaimana para penyedia produk bersilat untuk memperebutkan pasar serta bagaimana nantinya konsumen seharusnya semakin mendapatkan keutungan.

Ingat, masih ada operator – yang sekarang memposisikan diri sebagai penyedia Internet daripada untuk berbicara – yang belum memantapkan diri untuk melangkah bersama tiga operator tersebut. Dan Apple Music serta Deezer yang sudah menjajakan produknya juga belum menunjukkan akan bersanding dengan siapa.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail